Menara 62

Kemenkes Gelar Pelatihan Kompetensi bagi Calon TKHI Aceh

ACEH, MENARA62.COM – Pelatihan kompetensi bagi tim Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sudah dimulai. Pada tahap pertama, pelatihan diikuti oleh 33 calon TKHI dari Embarkasi Aceh pada 8-14 Februari 2019.

“Keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji tidak lepas dari peran tenaga kesehatan. Untuk memperoleh TKHI yang lebih siap dalam bertugas di kloter, Kementerian Kesehatan telah memulai pelatihan kompetensi TKHI,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MS, Sabtu (9/2/2019).

Setelah Embarkasi Aceh, jelas Eka Jusup pelatihan akan berlanjut bagi TKHI dari embarkasi lainnya. Harapannya dengan waktu yang masih cukup lama sampai jadwal pemberangkatan jamaah, TKHI memiliki waktu lebih banyak untuk belajar.

“Intinya adalah kita harus sigap, handal, amanah, responsif dan inisiatif dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi jemaah haji. Kepentingan kita adalah kepentingan jemaah,” ujar Eka.

Pelatihan ini menekankan pada aspek teknis medis dan teknis komunikasi profesi kesehatan serta penguatan sistem penyelenggaraan kesehatan haji di Arab Saudi.

“Jemaah sehat insya Allah mereka akan dapat menjalankan rukun dan wajib hajinya,” jelas Kapuskeshaji.

Pelatihan kompetensi ialah hal yang sudah biasa dilakukan oleh Kementerian Kesehatan. Tahun ini rencananya akan dilaksanakan di 13 provinsi embarkasi di seluruh Indonesia.

Pelatihan semacam ini merupakan bagian dari proses rekrutmen petugas kesehatan haji. Pelatihan ini juga menjadi salah satu upaya dalam memperkuat pembinaan kesehatan jemaah haji di wilayah kerja petugas kesehatan haji.

“Mereka yang akan berangkat sebagai petugas harus melakukan pembinaan kesehatan kepada jemaah haji di wilayah kerjanya masing-masing, sehingga harus benar-benar dipastikan kesiapannya,” pungkasnya.

Pelatihan bagi petugas kesehatan haji dilaksanakan oleh Pusat Kesehatan Haji Kemenkes bekerjasama dengan Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kemenkes melalui Balai Pelatihan Kesehatan yang ada di 13 provinsi embarkasi. Pelatihan kompetensi yang rutin dilakukan ini bertujuan menyiapkan petugas kesehatan haji Indonesia agar TKHI benar-benar dapat menerima langsung informasi pedoman penyelenggaraan teknis kesehatan di Arab Saudi.

The post Kemenkes Gelar Pelatihan Kompetensi bagi Calon TKHI Aceh appeared first on Menara62.

Powered by WPeMatico

Show More

Related Articles

Close