PWMU

Cerita di Balik Sukses Dua Jurnalis Siswa Ini Wawancarai Kepala Dinas Pendidikan

Dinda sedang mewawancarai Asrofi, sedang Angsel merekamnya. (Darul/PWMU.CO)

PWMU.CO – Agsel Abiyyu Ghozi dan Dinda Ayu tidak dapat menyembunyikan rasa ndredeg-nya. Dua siswa kelas VIII H itu diberi tugas pembinanya untuk mewawancarai Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kabupaten Sidoarjo Drs Asrofi MM, Jumat (2/11/18).

Mereka berdua merupakan anggota jurnalis sekolah yang tergabung dalam ekstra jurnalistik. “Berdebar-debar, karena pengalaman wawancara pertama kali,” ujar Dinda Ayu.

Hari itu Asrofi, panggilan Kadispendik, datang di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo (SMP Musasi) untuk melakukan kunjungan dan pembinaan bagi seluruh guru dan karyawan. Hal tersebut tidak disia-siakan keduanya untuk dapat mengasah mental keberanian dan menambah pengalaman belajar.

Sehari sebelumnya, dua jurnalis sekolah itu dipilih untuk melakukan wawancara. Mereka di-briefing untuk menentukan pokok-pokok wawancara yang akan dilakukan.

“Alhamdulillah, sudah tersusun enam pertanyaan yang berkaitan dengan dunia pendidikan, khususnya tentang tanggapan narasumber terhadap SMP Musasi,” ungkap Agsel Abiyyu.

Ketika Drs Asrofi MM masih melakukan pembinaan di meeting room, kedua jurnalis sekolah itu dengan sabar menunggu. Dari gesture keduanya masih tampak rasa cemas.

Namun, saat narasumber yang dituju telah keluar ruangan, mereka berdua belum dapat lampu hijau untuk wawancara. Karena Asrofi masih berkeliling untuk melihat proses pembelajaran yang ada di sekolah.

Setelah menunggu sebentar, keduanya lalu diajak kepala SMP Musasi Drs Aunur Rofiq untuk melakukan wawancara di ruang perpustakaan.

Mereka duduk bersama narasumber di sudut baca perpustakaan. Mereka pun berbagi tugas, ada yang mengajukan pertanyaan, sementara yang lain merekam dengan kamera ponselnya.

Aktivitas kedua jurnalis itu memantik kepala sekolah untuk merekam aktivitas wawancara para jurnalis dengan Kadispendik. Aunur Rofiq bahkan ikut mengabadikan kegiatan wawancara tersebut dengan kamera ponselnya.

Usai wawancara mereka berdua mengucapkan terima kasih. “Alhamdulillah, bisa banyak belajar dan tahu tugas kepala dinas pendidikan itu seperti apa,” ujar Dinda yang disambut anggukan kepala Agsel.

Sukses! (Darul)

Powered by WPeMatico

Show More

Related Articles

Close