PWMU

Tingkatkan Mutu, Guru dan Siswa Malaysia Belajar ke SMPM GKB Gresik

Caption: Siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB menunjukkan kebolehan tapak suci di depan tamu dari Malaysia (foto: Ichwan Arif/pwmu.co)

PWMU.CO-SMP Muhammadiyah (SMPM) 12 GKB Gresik mendapat tamu istimewa. Senin (19/3/2018), sekolah pimpinan Hari Widianto, MPd ini kedatangan rombongan delegasi dari Negeri Jiran Malaysia. Mereka adalah para guru dan siswa Sekolah Menengah Kebangsaan Agama (SMKA) Baling Kedah Malaysia. Mereka datang untuk mengunjungi salah satu sekolah terbaik di Gresik ini.

Kedatangan rombongan tamu Malaysia mendapat sambutan hangat dari SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. Bahkan tiga siswa pendekar tapak suci ikut melakukan atraksi dengan membawa golok. Aksi tiga siswa pendekar ini cukup mendebarkan karena dalam aksinya diwarnai dengan beberapa sabetan golok. Kebolehan tiga siswa ini memang dimaksudkan untuk menyambut tamu istimewa dari Malaysia.

Selain atraksi dari tiga pendekar tapak suci, tampilan performance angklung SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik juga ikut memeriahkan acara penyambutan tamu. Acara makin seru karena pihak panitia ternyata tidak hanya berhenti di situ. Aksi musikalisasi Puisi dari SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik semakin menyempurnakan acara penyambutan tamu. Suara aplaus dan teriakan pun terus terdengar mengiringi aksi mereka. Seperti tidak mau kalah, siswa dari SMKA Baling Kedah Malaysia juga menampilkan performance choral speaking dan dzikir barat yang cukup memukau.

“Benar-benar luar biasa. Senang saya melihatnya,” celetuk salah satu guru.

Kedatangan guru dan siswa dari Malaysia ini merupakan tindak lanjut Sister School Program dan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) yang pernah dilakukan 27 Oktober 2017 lalu. Sesuai rencana, delegasi SMKA Baling Kedah Malaysia datang ke Gresik selama 6 hari, mulai 17-22 Maret 2018.

Dalam kunjungan tersebut, mereka akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan, mulai sharing session, olympiad internal, competition, learning in class, eksplore Gresik, dan performance. “Kunjungan ke SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik ini merupakan program kami yang telah disepakati tahun lalu yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Malaysia, khususnya pada guru dan siswa kami,” papar Kepala SMKA Baling Kedah Malaysia,,Tn Hj Abdul Somat MD DON dalam sambutannya.

“Siswa kami akan belajar tentang budaya setempat dan bisa tinggal dengan orang tua di sini dalam program homestay. Ini sangat kami harapkan supaya bisa langsung belajar,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, Ustadz Hari Widianto, MPd. Dalam sambutannya, Hari menyampaikan program bertemakan International Class ini bisa memberikan wawasan pada sekolah, baik guru maupun siswanya. “Ada pembelajaran di kelas, kompetisi, dan juga beberapa performance di dua negara, akan memberikan pengalaman baru untuk seluruh siswa,” ungkapnya.

Kedatangan rombongan Malaysia ini ternyata juga mendapat perhatian dari banyak pihak. Tak sedikit yang ikut hadir di acara tersebut, termasuk Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik juga jajaran dari Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten Gresik, dan Jajaran dari PCM GKB Gresik. Selain mereka juga tampak Dr Arbai’yah Yusuf, MA, Ketua Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, serta beberapa unsur sekolah mitra, jejering, dan beberapa sekolah yang ada di lingkungan Gresik ini sebagai penanda peningkatan mutu pendidikan di sekolah Muhammadiyah.

Sister school ini merupakan sinergi kegiatan yang dilakukan oleh sinergi humas dan networking Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik, SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik, SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik, SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, dan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. (Ichwan Arif)

The post Tingkatkan Mutu, Guru dan Siswa Malaysia Belajar ke SMPM GKB Gresik appeared first on pwmu.co.

Powered by WPeMatico

Show More

Related Articles

Close